Kuliah Tamu oleh Matthew J. Grigg, "The Rise of Zoonotic Malaria in the Elimination Era: Challenges in Surveillance and Control."

WhatsApp Image 2019 07 23 at 10.59.29 AM

MEDAN – 26 MARET 2019

Malaria masih menjadi tantangan bagi para klinisi, baik dalam mendiagnosis dan dalam melakukan terapi serta eradikasi terhadap infeksi parasit Plasmodium ini. dr. Matthew J Grigg, MBBS, BMedSci, DTMH, PhD dari Menzies Australia hadir memberikan kuliah umum mengenai infeksi malaria dengan judul “The Rise of Zoonotic Malaria in the Elimination Era: Challenges in Surveillance and Control.”

dr. Matthew Grigg yang telah melakukan banyak penelitian mengenai malaria menjelaskan mengenai bagaimana parasit-parasit Plasmodium yang dahulu hanya ditemukan menginfeksi hewan, sekarang telah banyak ditemukan menginfeksi manusia.

Diperkirakan penyebab terjadinya hal ini ialah karena berkurangnya lahan hutan yang harusnya didiami hewan yang merupakan host utama dari parasit ini, sehingga hewan-hewan tersebut beradaptasi dengan bermigrasi ke area berpenduduk. Atau sebaliknya dimana penduduk yang memilih untuk bertempat tinggal di area yang dekat dengan hutan yang didiami para hewan tersebut karena kekurangan area untuk didiami, dan berbagai faktor lain.

Diketahui parasit bergenus Plasmodium memiliki berbagai spesies, dengan terapi yang berbeda untuk tiap infeksi dari tiap spesies. Tantangan juga cukup besar dalam mendiagnosis infeksi malaria dengan tepat dikarenakan kemiripan morfologi mikroskopis dari masing-masing spesies. Ketidaktepatan diagnosis dapat mengakibatkan ketidaktepatan terapi.

Infeksi parasit zoonotic Plasmodium pada manusia umumnya bermanifestasi lebih berat. Namun, dikarenakan kesulitan dalam membedakan parasit zoonotic ini dengan parasit plasmodium lainnya, sering terjadi misdiagnose dan fatalnya menyebabkan kematian.

Kuliah umum dari dr. Matthew Grigg menghimbau agar para klinisi semakin aware terhadap kemungkinan dari infeksi zoonotic Plasmodium untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

[oleh: Monica Nadya S]

WhatsApp Image 2019 07 23 at 11.02.51 AMMatthew J. Grigg dan dr. Inke Nadia P. Lubis selaku Kepala Departemen Magister Ilmu Kedokteran Tropis.

WhatsApp Image 2019 07 23 at 11.02.33 AM

Matthew J. Grigg bersama dengan Staff Dekanat Fakultas Kedokteran USU.