Seminar Magister Ilmu Kedokteran Tropis oleh Dr.Ahmed M. Salman, “COVID-19 Pandemic : Vaccine Development and Clinical Trial Updates‘’

1

Medan, 9 Oktober 2020

Magister Ilmu Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara kembali menggelar seminar daring berjudul COVID-19 Pandemic: Vaccine Development and Clinical Trial Updates. Seminar daring kedua dari Magister Ilmu Kedokteran Tropis ini diselenggarakan pada Jumat, 09 Oktober 20.00 pukul 19.00 WIB. Pembicara pada seminar ini adalah Dr. Ahmed M Salman yang merupakan seorang dokter dan instruktur Imunologi dan Vaksinologi di The Jenner Institute dan merupakan anggota dan penasihat Kedokteran Klinik dari Kellog College, Universitas Oxford, United Kingdom. Dr. Ahmed M Salman telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang pembuatan vaksin.

Hingga 9 Oktober 2020, jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia mencapai 324.658 kasus dengan kasus kematian 11.677. Sedangkan total kasus konfirmasi COVID-19 di dunia mencapai 35.561.936 dengan kasus kematian 1.062.624. Di tengah pandemi ini, adanya vaksin menjadi harapan bagi setiap negara yang terpapar virus SARS COV-2. Seminar ini memberikan gambaran terbaru mengenai perkembangan vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 diharapkan akan memberikan perlindungan terhadap infeksi dengan memberikan imunitas jangka panjang, walaupun belum dapat dipastikan bahwa dengan adanya vaksin akan menghentikan terjadinya pandemi.

Pembuatan vaksin membutuhkan waktu yang lama. Pada umumnya proses pembuatan vaksin membutuhkan beberapa tahun pengerjaan, mulai dari tahap penelitian, uji klinis, hingga produksi vaksin. Namun, para peneliti saat ini sedang berupaya secepat mungkin untuk dapat memproduksi vaksin COVID-19 yang aman dan efektif. Berdasarkan data WHO 18 Agustus 2020, hingga saat ini telah dilakukan uji klinis vaksin sebanyak 44 vaksin pada manusia dan 92 vaksin yang di uji coba pada hewan percobaan. Terdapat 4 pendekatan yang digunakan dalam pembuatan vaksin COVID-19, yakni Whole-virus vaccine yang merupakan vaksin hidup (vaksin inaktivasi atau yang dilemahkan), Genetic Vaccine (Vaksin DNA/RNA), Viral Vector Vaccines, dan Protein-based Vaccine.

Dalam pembuatan vaksin, vaksin yang ideal memiliki karakteristik, yakni : aman dan efektif, mampu memberikan perlindungan jangka panjang (long lasting immunity), mengaktifkan imunitas humoral dan seluler, tidak menyebabkan autoimun atau reaksi hipersensitivitas, memiliki biaya produksi yang rendah, mudah penyimpanan dan pemberiannya.

Seminar ini disambut baik dan antusias oleh para peserta. Sebanyak 492 peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar ini. Para peserta yang mengikuti seminar ini berasal dari akademisi dan klinisi, yang terdiri dari dari mahasiswa,dosen, dokter umum, dokter PPDS, dan dokter spesialis. Para peserta juga berasal dari berbagai institusi pendidikan di seluruh Indonesia.

3

Presentasi oleh Dr. Ahmed M. Salman mengenai perkembangan vaksin COVID-19 terbaru

openingPembukaan seminar di awali dengan kata sambutan oleh Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K) selaku Dekan Fakuktas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Seminar dipimpin oleh moderator dr. Inke Nadia D. Lubis, M.Ked(Ped), Sp.A, PhD selaku Ketua Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. 

[oleh: Kartini Marpaung]