Play
Video Profil Magister Ilmu Kedokteran Tropis

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran USU

Lokasi: Kecamatan Namorambe, Deli Serdang

previous arrow
next arrow
Slider

(LAGI) Mahasiswa Magister Kedokteran Tropis FK USU Mencetak Prestasi Juara Pertama Ajang Kompetisi Ilmiah Nasional

1

(LAGI) Mahasiswa Magister Kedokteran Tropis FK USU Mencetak Prestasi Juara Pertama Ajang Kompetisi Ilmiah Nasional

Prestasi membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa program Magister Kedokteran Tropis Universitas Sumatera Utara, yaitu dr. Fauzi Satria. Beliau berhasil mendapatkan Juara Pertama Original Research E-Poster Competition yang diadakan pada Pertemuan Ilmiah Nasional Perhimpunan Kedokteran Tropis dan Penyakit Infeksi Menular (PIN PETRI) di Manado pada tanggal 19-21 dan 26-28 November 2021 yang lalu.

PIN PETRI merupakan acara rutin tahunan dalam bentuk workshop, simposium, pembahasan kasus dan juga kompetisi electronic-poster. PIN PETRI 2021 ini diselenggarakan Divisi Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, RSUP Kandou Manado - Fakultas Kedokteran, Universitas Sam Ratulangi, Manado bekerjasama dengan Perhimpunan Kedokteran Tropis dan Penyakit Infeksi Indonesia (PETRI). Pada tahun ini PIN PETRI mengusung tema “Improving Knowledge and Delivering Better Care of Infectious Disease in Pandemic Era”.

Dalam acara tersebut, Dr. Fauzi Satria menampilkan karyanya yang berjudul The Role of Probiotic as Adjuvant Therapy Against Covid-19: A Systematic Review yang menjadikannya sebagai juara pertama Original Research E-Poster Competition.

Dr. Fauzi menuturkan bahwa pengambilan judul tersebut didasarkan pada permasalahan yang beliau amati, bahwa saat ini pandemic COVID-19 masih terus berlangsung, walaupun tren kasus di Indonesia sudah semakin menurun. Dr. Fauzi melanjutkan bahwa, “Faktanya WHO belum mencabut status pandemic Covid-19 di dunia karena terjadi peningkatan kasus di Eropa dan baru-baru ini dijumpai varian baru SARS COV-2. Pencarian terapi adjuvant tetap harus terus dilakukan untuk mencegah perburukan dari infeksi, dan menariknya Probiotic ini berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah ada terbukti memiliki manfaat dalam memperbaiki klinis, parameter laboratorium dan hasil radiologis pasien Covid-19.”

Selain itu, Dr. Fauzi Satria juga menuturkan bahwa beliau merasakan manfaat yang sangat besar setelah mengikuti acara kompetisi ilmiah tersebut. Beliau mengutarakan bahwa, “Kompetisi ilmiah seperti ini dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga bisa lebih bersemangat lagi untuk menulis karya dan mengikuti acara-acara kompetisi ilmiah lainnya. Saya juga memperoleh pengalaman bagaimana cara menulis yang baik berdasarkan masukan dan arahan yang membangun dari para juri pada kedua acara tersebut,”

Prestasi ini sangat membanggakan, dan semoga dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika, khususnya di bidang Magister Kedokteran Tropis FK USU. Terimakasih.