Play
Video Profil Magister Ilmu Kedokteran Tropis

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran USU

Lokasi: Kecamatan Namorambe, Deli Serdang

previous arrow
next arrow
Slider

Mahasiswa Magister Kedokteran Tropis FK USU Mencetak Prestasi  dalam Kompetisi Oral Review Presentation RRAC 2021

2

Mahasiswa Magister Kedokteran Tropis FK USU Mencetak Prestasi  dalam Kompetisi Oral Review Presentation RRAC 2021

Pandemi COVID-19 yang berlangsung sudah hampir 2 tahun ini tidak menyurutkan niat salah satu mahasiswa prestasi dari program studi Magister Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara ini. Beliau adalah dr. Fauzi Satria, yang berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi Oral Review Presentation di acara Research and Review Article Competition (RRAC 2021).

RRAC merupakan acara kompetisi ilmiah tingkat kampus yang diadakan oleh Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi USU pada November 2021. Tema yang diusung pada tahun ini adalah " Innovative Findings to Promote Better Quality of Life in The Future".

Pada acara ilmiah tersebut, di bawah bimbingan dr. Tri Widyawati, M.Si, PhD, dr. Fauzi Satria membawakan karya berjudul “The Possible Role of Plant-Derived Essential Oils Against Fatigue in Post Acute Sequeel Covid-19: A Literature Review Based on Evidence of Essential Oils in Fatigue”. Dari karyanya tersebut dr Fauzi Satria berhasil mendapatkan penghargaan sebagai juara ke-2 Oral Review Presentation.

Dr. Fauzi Satria menuturkan bahwa pengambilan judul tersebut didasarkan pada ketertarikannya terhadap aspek tanaman herbal, dimana Essensial oil yang dihasilkan dari tanaman berdasarkan penelitian sebelumnya memiliki evidence sebagai terapi pada beberapa penyakit. Selain itu, dr. Fauzi Satria juga mengaitkan hal ini terkait fenomena fatigue (kelelahan) pada “Long COVID-19” yang dialami oleh sebagian besar pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari infeksi covid derajat ringan hingga berat, dimana hal ini bersifat persisten bahkan 12 minggu paska rawatan. Hal inilah yang menarik perhatian penulis sehingga akhirnya mengkolaborasikan dua topik ini dalam bentuk literature review.

Selain dalam perlombaan ini, Dr. Fauzi Satria juga sudah dikenal sebagai ilmuwan yang senang mengikuti bahkan memenangkan berbagai macam kompetisi ilmiah. Dari sekian banyak pengalaman dan prestasi yang beliau torehkan, dr. Fauzi Satria berbagi tips dan trik baik dalam hal penulisan, maupun dalam hal mengikuti perlombaan. Beliau mengatakan bahwa menyesuaikan penulisan karya ilmiah dengan tema/topik acara, menyesuaikan jenis karya ilmiah yang dapat diterima oleh panitia untuk di submit serta memilih topik yang menarik perhatian juri merupakan hal yang penting dalam suatu kompetisi. Selain itu, dr. Fauzi menambahkan bahwa, “Tidak boleh lupa untuk berdoa dan terus semangat. Kalah dan menang itu hal yang biasa, tetapi berani mencoba tampil dengan percaya diri adalah hal positif yang lebih berharga,”

Departemen Magister Ilmu Kedokteran Tropis Fakultas Universitas Sumatera Utara mengucapkan selamat kepada dr. Fauzi atas prestasinya yang sangat membanggakan. Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika, khususnya di bidang Magister Kedokteran Tropis FK USU. Terimakasih.